Sabtu, 13 Agustus 2016


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Hallo semuanya , sekarang saya akan berbagi informasi seputar Fisiologi pembentukkan tulang. Secara makroskopis tulang dibedakan menjadi tulang woven dan tulang berlapis. Tulang woven adalah bentuk tulang yang paling awal pada embrio dan selama pertumbuhannya terdiri dari jaringan kolagen berbentuk irregular. 



  •    Selama perkembangannya tulang membutuhkan kalsium yang tinggi dan setelah mencapai masa pubertas, dengan kematangan hormone esterogen pada wanita dan kematangan hormone testosterone pada pria, karena pengaruh dari anabolic dan prekusor esterogen terjadilah proses remodeling tulang.
Modelling dan Remodelling Tulang
  • Modelling  Tulang
Suatu proses untuk mencapai bentuk dan ukuran yang tepat selama pertumbuhan dan perkembangan tulang. Pembentukkan tulang panjang terjadi melalui mekanisme pergeseran tulang endokondrial pada tulang panjang dan pergeseran pada tulang apendikular. Hal ini merupakan perubahan dari garis turunan sel mesenkim menjadi kondroblas selanjutnya menjadi kondrosit dengan mensisntesis proteoglikan sebagai matriks ekstraselular, berlangsung juga invasi pembuluh darah termasuk prekusor osteoklas dan prekusor osteoblas.
  • Remodelling Tulang
  Setelah tulang woven berubah menjadi tulang berlapis (lamelar ), tulang terus mengalami proses resorpsi,pembentukkan dan mineralisasi yang dikenal  atau sebagai remodelling tulang . Tujuan remodelling adalah untuk mereparasi kerusakkan tulang akibat kelelahan / fatigue damage, mencegah proses ketuaan atau aging dan akumulasi tulang tua.
      Proses remodelling diatur oleh sel osteoblas dan osteoklas   yang tersusun dalam struktur yang disebut “ bone remodelling unit “ ( R  B U). RBU terdiri dari osteoklas didepan yang diikuti oleh osteoblas, dibelakang dan ditengah terdapat kapiler, jaringan syaraf dan jaringan ikat. Bekerja memahat tulang, meresorpsi tulang dan membentuk tulang baru. Proses penyerapan tulang terjadi dalam tiga minggu sedangkan proses pembentukkan tulang membutuhkan waktu sekitar tiga bulan

Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga post ini bermanfaat untuk semuanya. Have a nice day ;D

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Picture

Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
Hello everyone thank you for come to my blog, i'm sorry if i have mistake about anything, and i hope my post can help everyone. Have a nice day



Time