Jumat, 08 Juli 2016


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. 
Hallo semuanya kali ini saya kan berbagi informasi tentang potensi proliferasi dari jenis sel yang berbeda. Hmm secara umum, jumlah sel yang ada pada suatu jaringan merupakan fungsi kumulatif antara masuknya sel baru dan keluarnya sel yang ada pada popilasi. Siklus set tersebut terdiri dari fase pertumbuhan prasintesis 1 (G1), fase sintesis DNA (S), fase pertumbuhan pramitosis 2 (G2), dan fase mitosis (M). Sel istirahat berada dalam fase G0.



Berdasarkan kemampuan regennerasi serta hubungannya terhadap siklus sel, sel tubuh dibagi mejadi tiga kelompok.
☺Sel Labil

Sel ini terus mebelah (dan terus menerus mati). Regenarasi ini terjadi dari suatu populasi sel stem dengan kemampuan  berpoliferasi yang tidak terbatas.
Sel labil meliputi sel hematopoiesis dalam sum-sum tulang dan juga mewakili sebagian besar epitel permukaan.

☺ Sel Stabil

Dalam keadaan normalnya, sel ini dianggap istirahat (hanya mempuyai kemampuan replikasi yang rendah), tetapi mampu membelah diri dengan cepat dalam merespon cedera.
Sel stabil menyusun parenkim pada jaringan kelenjar yang paling padat yaitu ginjal, hati, pankreas dan sel jaingan ikat otot polos.

Sel Permanen

Sel ini dianggap mengalami diferensiasi tahap akhir dan nonproliferatif dalam kehidupan pascakelahiran. Misalnya pada sebagian besar neuron dan sel otot jantung.

Sekian dari penulis, saya mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga post ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Thanks telah berkunjung ke blog ini, salam hangat dari saya hahaha. =D


0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Picture

Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
Hello everyone thank you for come to my blog, i'm sorry if i have mistake about anything, and i hope my post can help everyone. Have a nice day



Time