Selasa, 12 Juli 2016


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Hallo semuanya sekarang saya kan berbagi informasi tentang penyakit diare.Secara pengertian diare merupakan bertambahnya defekasi (buang air besar) lebih dari biasanya atau lebih dari tiga kali sehari dan adanya perubahan konsisten tinja yang menjadi cair dengan atau tanpa darah. Secara klinik dibedakan menjadi tiga macam sindroma diare yaitu diare cair akut, disentri dan dairepersisten.
Diare masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama, karna masih tingginya angka kesakitan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit ini.


Diare adalah buang air besar (defekasi) dengan tinja berbentuk cair atau setengah cair (setengah padat). Dimana kandungan airnya lebih banyak dari biasanya (lebih dari 200 g atau 200 ml/24 jam). Definisi lain memakai kriteria frekuensi, yaitu buang air yang lebih encer labih dari 3 kali perhari. 


Berbagai faktor yang dapat menyebabkan diare seperti  faktor lingkungan, fktor gizi, kependudukan, pendidikan, keadaan sosial ekonomi dan perilaku masyarakat. Dua faktor dominan yaitu:

  • Sarana air bersih
  • Pembuangan tinja
Kedua faktor ini akan berinteraksi dengan perilaku manusia setiap harinya. Apabila faktor lingkungan tidak sehat karena tercemar kuman diare yang berasal dari perilaku manusia yang tidak sehat misalnya melalui makanan dan minuman, makan dapat menimbulkan penyakit diare.


Diare dapat menyebabkan hilangnya banyak air dan elektrolit dan sering disertai dengan asidosis metabolik karena kehilangan basa. Ini juga bisa menyebabkan dehidrasi, dehidrasi ringan bila penurunan berat badan kurang dari 5% dan dehidrasi berat apabala terjadi penurunan berat badan lebih dari 10%.

Amatlah penting untuk tetap memberikan nutrisi yang cukup selama diare, terutama pada anak yang mengalami gizi kurang, karena ini akan mencegah berkurangnya berat badan lebih lanjut dan utuk mempercepat kesembuhan. Makanan dan minuman jangan diberhentikan untuk diberikan lebih dari 24 jam karena pulihnya mukosa usus tergantung dari diberikannya nutrisi yang cukup.

Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga post ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih telah berkunjung ke bloh ini ;) Byee

Thank You

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Picture

Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
Hello everyone thank you for come to my blog, i'm sorry if i have mistake about anything, and i hope my post can help everyone. Have a nice day



Time