Minggu, 03 Juli 2016



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Hallo semuanya =D kali ini saya akan berbagi informasi menganai mekanisme penglihatan. Dalam penglihatan sendiri pastinya berperannya cahaya. Cahaya adalah suatu bentuk radiasi elektromagnetik yang terdiri dari paket energi berupa partkel yang dinamai foton yang berjalan dalam bentuk gelombang.




Mata mengandung fotoreseptor peka sinar yang esensial bagi penglihatan, yaitu sel batang dan sel kerucut yang dapat ditemukan di lapisan retina. Sel batang dan sel kerucut memiliki tiga bagian: satu segmen luar yang mengandung fotopigmen, satu segmen dalam yang dikhususkan secra metabolik, dan satu terminal sinaps penyekresi neurotransmitter. Mekanisme penglihatan sendiri, diawali oleh:

  • Cahaya terbentuk dengan panjang gelombang tertentu dari spektrum elektromagnetik yang merangsang fotoreseptor
  • Selanjutnya cahaya mengalami fraksi ketika melewati dari suatu satu medium transparan ke medium lainnya (kornea dan lensa) dengan densitas  yang berbeda. 
  • Lalu lensa konkaf akan mendispersikan cahaya dan lensa konvex mengumpulkan cahaya dan membawa sinar ke titik fokus mata (Faocal pant)
  • Kemudian cahaya akan diteruskan ke retina
  • Berkas cahaya yang mencapai retina akan mencentuskan potensial didalam sel kerucut dan batang
  • Impuls yang diterima oleh retina, akan diteruskan ke korteks serebri dimana tempat impuls tersebut akan menimbulkan sensasi penglihatan.
Sekian dari penulis, mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga tulisan yang saya post ini bermanfaat =). Dan terimakasih untuk semuanya yang telah berkunjung bke blog ini, salam hangat dari penulis

Thank You


0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Picture

Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
Hello everyone thank you for come to my blog, i'm sorry if i have mistake about anything, and i hope my post can help everyone. Have a nice day



Time