Kamis, 14 Juli 2016

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Hallo semuanya sekarang saya akan berbagi informasi tentang hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit yang diakibatkan oleh terjadi adanya peningkatan tekanan darah. Ini terjadi akibat jantung bekerja lebih keras memompa darah untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Angka untuk hipertensi pada tekanan sitolik yaitu 140 mmHg/ lebih pada saat istirahat dan tekanan diastolik 90 mmHg/ lebih pada saat istirahat. 



Hipertensi dapat dibedakan menjadi dua yaitu hipertensi primer atau esensial yang penyebabnya tidak diketahui dan hipertensi sekunder yang dapat disebabkan penyakit endokrin, penyakit ginjal, penyakit jantung dan lainnya.


Faktor pemicu hipertensi apat dibedakan atas yang dapat dikontrol (seperti kegemukan, merokok, kurang olahraga,konsumsi garam, konsumsi alkohol,stress dan lainnya) dan yang tidak dapat dikontrol (keturunan, umur dan jenis kelamin). Hipertensi merupakan penyakit penyebabkematian yang utama ketiga di Indonesia untuk semua umur. Jika dibiarkan penyakit ini dapat mengganggu fungsi organ-organ lain, terutama organ-organ vital seperti jantung dan ginjal.

Hipertensi juga dapat memicu munculnya komplikasi lainnya seperti gagal ginjal, stroke, dan hipertrofi vertikel kanan. 

Dan untuk yang memiliki riwayat keluarga hipertensi sebaiknya sering memeriksakan tekanan darahnya secara rutin agar dapat terkontrol. Pencegahan lainnya seperti tidak merokok, sering melakukan akitivitas fisik setiap 3 kali dalam seminggu yang dapat dilakukan 30 menit, dan juga mengkonsumsi sayur dan buah.

Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga post ini bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini.. ;) Byee

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Picture

Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
Hello everyone thank you for come to my blog, i'm sorry if i have mistake about anything, and i hope my post can help everyone. Have a nice day



Time