Minggu, 10 Juli 2016



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Hallo semuanya sekarang saya akan berbagi informasi tentang keloid. Keloid terjadi akibat penumpukkan kolagen yang sangat banyak dapat menimbulkan jaringan parut yang menonjol dan menyebabkan keloid. Pembentukkan keloid agaknya mempunyai sesuatu kecendrungan genetik dan kondisi tersebut lebih lazim terjadi pada orang kulit hitam. Luka yang menyembuh dapat pula menghasilkan jaringan granulasi yang berlebihan yang menonjol diatas kulit dan dalam kenyataannya ini akanmenghambat reepitelialisasi.



Beberapa faktor yang menyebabkan keloid:

  • Lokasi trauma.

Luka dan peradangan yang terjadi pada daerah kepala, leher, bahu dan tungkai bawah lebih mudah terken keloid. Diperkirakan karena besarnya regangan kulit.


  • Jenis luka

Keloid lebih sering terjadi adanya luka trauma, karena panas, atau bahan kimia. Misalnya, terbakar juga proses peradangan yang lama sembuhnya.


  • Herediter dan ras

Pada bangsa Negro dan ras berkulit gelap, keloid lebih sering terjadi.


  • Umur dan faktor endokein

Keloid sring timbul pada usia muda dan sering pada kaum perempuan.


Ciri-ciri Keloid:

Berupa papul, nodul, tumor keras, tidak teratur, berbatas tegas, menebal, padat, berwarna coklat, merah muda dan merah. Lesi yang masih awal biasanya kenyal, permukaannya licin, seperti karet dan sering disertai rasa gatal. Sedangkan pada lesi yang lanjut biasanya sudah mengeras, hiperpigmentasi, dan asimtomatik.

Penatalaksanaan:

  • Gel silikon

Silikon gel efektif bila digunakan setelah eksisi untuk mencegah rekurensi keloid 70%-80% dari kasus. Efeknya berupa perlunakan akar, mengurangi ukuran, eritem, gejala nyeri dan gatal.


  • Imquimod

Imune respon modifer untuk meregulasi proinflamatory sitokin termasuk TNF-a jika diberikan secara topikal. TNF-a mengurangi produksi kolagen fibroblas.


Dan masih banyak pengobatan lainnya. Sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga post ini bermanfaat. Thank You telah berkunjung ke blog ini ;) Byee 

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Picture

Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
Hello everyone thank you for come to my blog, i'm sorry if i have mistake about anything, and i hope my post can help everyone. Have a nice day



Time